Quantcast
HEADLINE TOPIK:
Bupati Luwu Timur Tutup Coaching Clinic PKM BLUD
Minggu,18 Desember 2022 | 12:10 WITA | | 420 Kali Dibaca

LUWU TIMUR – Kegiatan Coaching Clinic Penyusunan Indikator Kinerja dan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) bagi 15 Puskesmas Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Tingkat Kabupaten Luwu Timur yang dilaksanakan dari tanggal 15-17 Desember 2022 resmi berakhir.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur ini, ditutup Bupati Luwu Timur, H. Budiman, di Hotel Swiss-Bell Inn, Panakukang, Kota Makassar, Sabtu sore (17/12/2022).

Dalam sambutan penutupannya, Bupati berharap setelah coaching clinic, ilmu yang didapatkan selama kegiatan dapat diterapkan dengan baik dan penuh tanggung jawab sehingga dapat menghasilkan perencanaan strategis di Puskesmas masing-masing.

“Harapan saya kedepan, setelah mengikuti kegiatan ini para peserta dari masing-masing Puskesmas dapat memahami konsep BLUD Puskesmas yang penerapannya rencana dilakukan tahun depan,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, dengan ditetapkannya sebagai BLUD 15 Puskesmas di Kabupaten Luwu Timur, maka diharapkan ada fleksibilitas pengelolaan keuangan untuk meningkatkan kinerja dan perbaikan pelayanan pada masyarakat di Puskesmas tersebut.

Selanjutnya, untuk para narasumber, Bupati menyampaikan apresiasi yang tinggi karena telah memberikan ilmu serta pemahaman kepada peserta.

Sementara Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur, dr. Adnan D. Kasim dalam laporannya menyampaikan bahwa, kegiatan coaching clinic ini diikuti sebanyak 50 peserta yang terdiri dari Kepala Puskesmas BLUD, Kepala Tata Usaha (KTU), Perencana Puskesmas serta Penanggung Jawab Program di Dinas Kesehatan.

Tujuan dari kegiatan ini, kata dr. Adnan, yakni agar peserta dapat memahami Konsep BLUD Puskesmas, Konsep SPM Bidang Kesehatan, Konsep Balance Score dan implementasinya di Puskesmas dan memahami Perencanaan Strategis di Puskesmas serta mampu menyusun RBA Puskesmas.

Coaching Clinic yang digelar 3 hari menghadirkan pemateri dari Prodi Administrasi Rumah Sakit Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar, Dr. Syahrir A. Pasinringi., Dr. Fridawaty Rivai, SKM., M.Kes, Dr. Irwandy, SKM., M.Kes, MSc.PH dan Adelia U.A.Mangilep, SKM., MARS.

Adapun 15 Puskesmas yang ditetapkan sebagai Puskesmas BLUD yakni PKM Burau, PKM Wotu, PKM Tomoni, PKM Tomoni Timur, PKM Mangkutana, PKM Kalaena, PKM Angkona, PKM Lakawali, PKM Malili, PKM Wasuponda, PKM Lampia, PKM Wawondula, PKM Nuha, PKM Mahalona dan PKM Bantilang. (op/prokopim/ikp-humas/kominfo-sp)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
loading...